Rumah Adat Disebut Toraja

Suku Toraja Sejarah Kebudayaan Dan Adat Istiadat

Tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja. atapnya melengkung di depan tongkonan terdapat lumbung padi, yang disebut 'alang'. tiang-tiang . Rumah adat toraja 1 vote rumah-adat-toraja tongkonan rumah adat toraja biasa disebut baruang tongkonan, tongkonan sendiri mempunyai arti tongkon “duduk“, tempat “an” bisa dikatakan tempat duduk, tetapi bukan tempat duduk arti yang sebenarnya melainkan, tempat orang di desa untuk berkumpul, bermusyawarah, dan menyelesaikan masalah-masalah adat. .

Fakta Dan Keunikan Rumah Adat Tongkonan Warisan Para

Selain sebagai tempat untuk berlindung atau tidur rumah adat tongkonan ini juga dianggap sebagai ibu bagi masyarakat suku toraja. bagian utara biasa disebut dengan bagian “tengolak”, anda akan mendapati ruang tamu, tempat tidur untuk anak-anak, serta sebagai tempat untuk menaruh sesaji. 3 sep 2015 rumah adat toraja biasa disebut dengan tongkonan, rumah adat ini selain berfungsi sebagai tempat tinggal, juga memiliki fungsi sosial .

More rumah adat toraja disebut images. Ornamen rumah adat suku luwuk ini disebut bunga prengreng yang melambangkan filosofi hidup menjalar sulur yang memiliki makna hidupnya tidak terputus-putus. ornamen ini bisa kita temukan pada induk tangga, papan jendela, maupun anjong atau tutup bangunan. 4. rumah adat suku mandar rumah adat suku toraja. Jan 27, 2017 bagian tongkonan yang paling terlihat mencolok adalah atapnya yang berbentuk seperti perahu. ini menjadi pengingat orang toraja, bahwa .

Rumah adat toraja tana toraja sangat terkenal dengan adat istiadat yang membelenggu masyarakat pribumi toraja. ada beragam upacara adat yang dapat anda jumpai ketika anda berkunjung ke toraja. mulai dari upacara rambu solo dimana upacara tersebut adalah upacara pemakaman khas rumah adat disebut toraja tana toraja. sehingga toraja menjadi tempat yang unik dengan keanekaragaman budaya yang kental. Nov 11, 2015 tongkonan adalah ruma suku adat toraja dan juga berasal dari sulawesi selatan atau(sulsel). 4. 6. 12 pilih. 12 pilih. evaluasi! evaluasi!. Rumah adat tana toraja juga memiliki lumbung padi atau yang biasa disebut dengan “alang sura”. alang sura ini oleh masyarakat setempat di ibaratkan sebagai bapak. alang memiliki lambang ukiran ayam dan matahari yang melambangkan kemakmuran orang toraja. Tongkonan adalah rumah adat masyarakat toraja. atapnya melengkung menyerupai perahu, terdiri atas susunan bambu (saat ini sebagian tongkonan menggunakan atap seng). di bagian depan terdapat deretan tanduk kerbau. bagian dalam ruangan dijadikan tempat tidur dan dapur. berasal dari kata tongkon (artinya duduk bersama-sama).

Tongkonan wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas.

23 feb 2020 mangrara tongkonan atau syukuran rumah adat toraja yaitu tongkonan sebagai pusat sejarah sebuah rumpun keluarga. rumah ini adalah . Jun 25, 2009 bangunan dengan atap meruncing itu bernama baruang tongkonan atau biasa disebut tongkonan, rumah adat disebut toraja rumah adat orang toraja. "tongkon .

Rumah Adat Disebut Toraja

27 jan 2017 bagian tongkonan yang paling terlihat mencolok adalah atapnya yang berbentuk seperti perahu. ini menjadi pengingat orang toraja, bahwa . 6 feb 2020 salah satu yang mencolok adalah penamaan rumah adat. "di sulawesi barat, rumah toraja ini disebut sebagai banua. padahal banua di . 26 ags 2019 tana toraja adalah sebuah kabupaten yang terletak di provinsi sulawesi selatan. wilayah ini sejak lama terkenal memiliki beragam tradisi dan .

Tongkonan Rumah Adat Tana Toraja Youtube
Rumah Adat Tongkonan Sarang Sillanan Part 1 Youtube

Rumah adat toraja dengan wilayah yang sangat luas, indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam. tak hanya kaya dengan pesona alamnya saja, indonesia juga dikenal dengan sebutan negara seribu bahasa. julukan tersebut diberikan kepada negara kita karena adanya berbagai macam bahasa yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Masyarakat toraja mengenal dua golongan rumah, yaitu banua tongkonan (rumah adat) dan banua barung-barung (rumah pribadi atau rumah biasa). tongkonan adalah rumah tempat tinggal sekaligus tempat menjalankan fungsi dan peranan penguasa adat, sehingga kerap disebut rumah adat. barung-barung merupakan tempat tinggal keluarga yang bukan penguasa. Rumah tongkonan dianggap sebagai perlambang ibu, sementara lumbung padi yang ada di depan rumah atau biasa disebut alang sura adalah perlambang ayah. adapun untuk menunjang fungsinya sebagai rumah tinggal, rumah adat sulawesi selatan ini dibagi menjadi 3 bagian, yakni bagian atas (rattiangbanua), bagian tengah (kale banua) dan bawah (sulluk banua). Suku toraja negara indonesia memiliki kekayaan budaya yang sangat melimpah. selain itu rumah adat disebut toraja di indonesia juga terdapat suku bangsa yang begitu beragam. salah satunya adalah suku toraja yang berada di sulawesi. suku ini adalah suku yang terbilang unik dibanding suku-suku yang lain yang ada di indonesia. kebudayaan asli yang masih dimiliki suku ini menjadi daya

Mar 12, 2019 mulai dari upacara rambu solo dimana upacara tersebut adalah upacara pemakaman khas tana toraja. sehingga toraja menjadi tempat . Rumah adat toraja atau yang biasa disebut dengan tongkonan, kata tongkonan sendiri berasal dari kata tongkon yang bermakna menduduki atau tempat duduk. dikatakan sebagai tempat duduk karena dahulu menjadi tempat berkupulnya bangsawan toraja yang duduk dalam tongkonan untuk berdiskusi. rumah adat ini selain berfungsi sebagai tempat tinggal juga. Jan 9, 2018 disebut seperti itu karena pada awalnya rumah adat ini dijadikan sebagai tempat berkumpul para bangsawan tana toraja untuk berdiskusi. Namun berbicara mengenai rumah adat toraja, tentu kita perlu juga menyebutkan banua. rumah yang disebut banua ini hanya dihuni masyarakat biasa. sedangkan tongkonan sendiri merupakan rumah yang khusus dihuni kaum rumah adat disebut toraja bangsawan suku toraja. oleh karena arsitekturnya yang menarik, tongkonan kemudian dinobatkan sebagai rumah adat toraja.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Tts Ibadah Budha

Rumah Tanah Dannis Abang

Rumah Dijual Bsd Zora